PERINGATAN HARI BAHASA ARAB INTERNASIONAL

Dalam rangka memperingati hari Bahasa Arab Sedunia pada tanggal 18 Desember 2021, Program Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan P2BA Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan mengadakan acara seminar kebahasaan bertemakan “Dengan Bahasa Aku Bisa”. Acara berlangsung pada Sabtu, Jam 12. 30 WIB di Gedung Rektorat Lantai III. (18/12/2021)

Acara ini dihadiri oleh KH. Moh. Fikri Husain, MA selaku Pengasuh  IDIA Prenduan, Ust. Ainul Yakin, M.Pd.I selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Ust. Dr. H. Yusfar Ramadhan, S.Hum., M.Pd.I. selaku Direktur P2BA IDIA Prenduan, Ust. Izzat Amini, M.Pd dan Ust. Ach. Nurholis Majid, M.Pd. selaku Kepala Prodi PBA dan PAI, Jajaran civitas academica PBA, Mahasiswa/Mahasiswi IDIA, serta Ust. Amiril A’la, SH. MH selaku Pembicara utama di Seminar yang merupakan Alumni Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) yang pernah berkiprah sebagai staff  KBRI Tripoli, Libya.

Acara dibuka secara resmi oleh KH. Moh. Fikri Husain, MA selaku Pengasuh Ma’had IDIA Prenduan, dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa sebagai pecinta bahasa arab, kita seharusnya bangga dan bahagia karena bahasa arab merupakan salah satu kunci dari segala bidang ilmu, baik itu ilmu agama atau ilmu pengetahuan lainnya. “Harapan saya dengan adanya acara ini kita sebagai pecintanya harus bisa kembali menggugah semangat untuk terus belajar bahasa arab” ujar beliau. Acara ini mendapat apresiasi yang cukup tinggi, dari para dosen dan civitas academica IDIA Prenduan, salah satunya dari Direktur P2BA Ust. Dr. H. Yusfar Ramadhan, S.Hum., M.Pd.I “Kalian hebat bisa kerja di bawah tekanan tanpa merusak tatanan” ujarnya lembut. Mahasiswa/i PBA sangat antusias dan semangat mengikuti acara ini.

Acara terakhir ditutup dengan Do’a yang dibacakan oleh Ust. Dr. H. Yusfar Ramadhan, lalu dilajutkan dengan pemberian cenderamata kepada pembicara seminar yang diwakili oleh Ustadz Ainul Yakin, M.Pd.I., selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah.

Pesan kuat dari pemateri seminar “harus rela bekerja keras demi mencapai proses yang baik dan harus rela bersabar dengan hasil yang diraih, karena proses tidak akan pernah menghianati hasil, kesempatan akan datang seiring dengan adanya persiapan.

Setelah acara dialog interaktif selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan acara demonstrasi bahasa, mereka unjuk kebolehan dalam bahasa Arab, dengan berbagai kemampuan-kemampuan ke-Bahasa Arab-an yang mereka punya. Acara ini berlangsung dengan cukup meriah, semoga dengan adanya rangkaian acara tersebut dapat memotivasi para mahasiswa/i agar tetap selalu menjaga kegigihannya dalam mempelajari Bahasa Arab, dan menjaga kecintaannya terhadap Bahasa Arab.

Related posts

Leave a Comment