Mantapkan Pengelolaan, Jurnal Maharot Latih Calon Asisten Editor

Jum’at (10/12), Pengelola Jurnal Maharot menggelar pelatihan Calon Asisten Editor. Pelatihan yang direncanakan digelar dalam dua hari ini diharapkan bisa menghasilkan asisten editor yang andal dalam pengeloaan jurnal yang diterbitkan Fakultas Tarbiyah IDIA ini.

Dalam pelaksanaannya pelatihan ini akan digelar dengan beberapa kegiatan antara lain;  pre test dan post test, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penguasaan peserta tentang materi yang akan dilatihkan. Selain itu peserta dikenalkan dengan platform jurnal online yang dipakai oleh Maharot dan tata kelola naskah di dalamnya. Sedangkan kompetensi yang dikuatkan adalah editing naskah dan penggunaan reference management software sebagai aplikasi yang membantu dalam pengelolaan catatan kaki dan daftar pustaka.

“Sebenarnya beberapa mahasiswa sudah memiliki keterampilan untuk beberapa materi. Sehingga kami akan banyak sharing saja” ungkap Uswatun Hasanah, S. Hum, MA, salah satu Editor Jurnal Maharot.

Setelah mendapat materi peserta akan diminta untuk praktik dalam mengelola naskah sesuai dengan ketentuan panitia yang hasilnya akan menjadi salah satu penilaian kelulusan.

“Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkala, selain menjadi refreshment bagi redaktur juga untuk mendapatkan asisten editor yang andal dalam pengelolaan jurnal” Tambah Luthfatul Qibtiyah, S.Hum., M.Pd.I, selaku Panitia pelaksana.

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini adalah mahasiswi Fakultas Tarbiyah semester II, IV dan VI, yang dipilih setelah mereka mendaftar kepada panitia. Dari proses pendaftaran terjaring 15 peserta yang berhak mengikuti pelatihan ini.

“Dari 15 peserta yang ikut, kami akan memilih lima terbaik untuk diangkat menjadi Asisten Editor Jurnal Maharot, sedangkan yang lainnya akan ditempatkan di Jurnal Fakta yang juga ada di Fakultas Tarbiyah, Jurnal Dirosat dan Jurnal Reflektika yang dikelola Institusi” Imbuh dosen Program Studi Bahasa Arab ini.

Kegiatan yang juga diinisasi oleh Madrasah Jurnal sebagai koordinator pengelolaan jurnal di IDIA ini dihadiri juga oleh beberapa pengelola Jurnal Hudan Linnaas dari Fakultas Dakwah serta Jurnal As-Syarikah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sebagai salah satu bentuk dukungan dan saling berbagi dalam pengelolaan jurnal di IDIA.

Related posts

Leave a Comment