GENERASI PRODUKTIF MASA DEPAN

HIMA Prodi IDIA kembali membangkitkan jiwa skill penulis mahasiswa dan mahasiswi IDIA untuk menerjuni dunia kepenulisan. Kali ini mereka mengadakan acara Workshop Penulisan dan Pelatihan dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah Mengunakan RTM”. Acara berlangsung selama setengah hari pada Sabtu jam 13:30 WIB hingga 16:30 WIB di Lantai III Gedung Rektorat (19/12/2020).

            Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Prodi PAI, Sekret Fakultas Tarbiyah, Sekret Fakultas Dakwah, Ketua HIMA Prodi PBA, Para Dosen, Presiden Mahasiswi, berserta segenap mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan baik intensif, regular, dan plus. Kehadiran mereka dalam acara ini merupakan jawaban atas keinginan segenap jajaran pengurus HIMA Prodi PAI dalam rangka mengembangkan kiprah jiwa kepenulisan di kampus IDIA.

            Acara ini dibuka dengan sambutan antusias oleh Bapak Ainul Yakin, M.Pd.I sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah. Dalam penyampaiannya, “Acara yang diadakan oleh Pengurus HIMA Prodi ini merupakan titik awal perjuangan. Terlihat dari perjuangan mereka untuk menghadirkan pembicara dalam acara ini untuk perkembangan yang luar biasa dalam reference tool manager (RTM) nantinya. Harapan saya peserta dapat mengimplikasikan RTM ini dalam penulisan makalah selanjutnya”, tuturnya dengan rasa bangga. Para mahasiswa dan mahasiswi mendengarkannya apa yang beliau sampaikan dengan seksama dengan penuh antusias. Kemudian Acara inipun dilanjutkan dengan Do’a yang dibacakan oleh Bapak Bidari Royandi, M.Pd.I sebagai Sekret Prodi PBA.

            Sesi pertama diisi oleh Bapak Muhammad Zaini, M.Si sebagai pembicara. Yang berkesan dari penyampaian beliau yang berhasil memotivasi para mahasiswa, “Menulis itu sama dengan berbicara. Maka gerakkanlah mindset agar menulis dapat berkembang. Karena menulis adalah puncak dari ilmu pengetahuan. Maka adek-adek sangat rugi bila tidak menulis” ucap beliau. Beliau mengajak agar tulisan menjadi sebuah kebutuhan bukan hanya sebatas kewajiban. Agar skill yang dimiliki dapat masuk ranah yang lebih luas. Karena generasi produktif tercipta dengan tidak mengcopy paste. Ikutilah atmosfir, rasakan kenikmatannya, ia akan menjadi amal jariyah, walau sederhana.

            Kemudian sesi terakhir sekaligus penutup acara workshop penulisan dan diisi oleh Bapak Achmad Maulidi, M.Pd.I. Slide pertama beliau menjelaskan, “A goal without a plan is just a wish (Deddy Corbuzer)”, kesuksesan tanpa sebuah rencana hanya sebuah harapan saja tutur, beliau.  Dilanjutkan dengan penjelasan cara penggunaan Mendeley dan Zootero. Harapan beliau ini bukan hanya sekedar workshop saja. Oleh karenanya, beliau memberikan para peserta tugas yang dikumpulkan malam harinya.

Nur Lathifah Aini. Sem IV/Tarbiyah/PAI

Related posts

Leave a Comment