Peserta P2M IDIA Prenduan Tuai Kesan Positif Dalam Seminggu!!

Kegiatan Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M), mahasiswa IDIA Prenduan bukan hanya kegiatan seremonial. Sejak diterjunkannya 166 mahasiswa semester akhir ke Kecamatan Bluto pada Minggu (10/10), ada banyak kesan yang disampaikan oleh masyarakat.

Salah satunya kesan yang disampaikan oleh masyarakat Desa Sera Tengah. “Program mereka ini terlihat lebih baik dan nyata. Mereka seperti keluarga yang pulang kampung. Saya dengan senang hati akan membantu. Semangat mereka cepat mengalir ke kami,” ucap Jamilah, istri kepala berdaya rumah zakat Desa Sera Tengah.

Dalam kesempatan P2M ini, ada empat belas desa yang ditempati praktik pemberdayaan masyarakat. Setiap desa terdiri dari 10-12 mahasiswa dengan kewajiban melakukan kegiatan yang memicu pengembangan diri dan masyarakat, ditambah dengan pemberdayaan masyarakat berbasis ABCD.

Beberapa program yang sudah dilaksanakan di Desa Sera Tengah adalah mengasah kemampuan anak, baik di tingkat TK, SD, MTs maupun MA, dengan program unggulan berupa les Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Merajut, Menyulam, Kaligrafi  dan Qiro’ah.

“Pertama, yang kami utamakan adalah membangkitkan semangat anak-anak. Tapi ternyata juga menular ke orang-orang tua mereka,” papar Kartini sebagai salah satu peserta yang ditempatkan di Desa itu.

Karena itu, menurut pengakuan Azizah, kepala sekolah MTs An-Nawari,  peserta P2M bisa hidup cair dengan anak-anak. Padahal biasanya, untuk mengumpulkan mereka perlu kesabaran dan tenaga esktra.

Di sela-sela agenda yang banyak itu, peserta P2M juga diajak aktif mengikuti dan mengisi kegiatan desa masyarakat seperti Muslimatan, kajian mingguan dan kegiatan rutin lainnya.

Related posts

Leave a Comment